Chat dengan Dokter Terkait 5 Penyebab Terjadinya Jerawat Selain Stres!

chat dengan dokter

Sumber : KlikdDokter

Jerawat menjadi salat satu masalah umum dan banyak terjadi baik pada wanita maupun pria. Adanya jerawat membuat rasa percaya diri menjadi berkurang. Selain itu, jerawat yang timbul sangat mengganggu sehingga tidak jarang orang akan berusaha untuk menekan atau mengelupas jerawat. Namun, melakukan hal tersebut justru akan memperparah peradangan pada kulit. Jika Anda tidak percaya, bisa chat dengan dokter masalah jerawat.

Jerawat yang timbul kadang memicu benjolan sampai rasa sakit. Banyak orang yang akan berusaha untuk mencari cara mengatasi jerawat dalam waktu yang singkat. Namun, jika Anda masih belum tahu apa yang menjadi penyebab jerawat, jerawat akan terus datang lagi. Itulah penting untuk mengetahui penyebab terjadinya jerawat.

Chat dengan Dokter: Penyebab Terjadinya Jerawat

Selain stres, jerawat yang muncul disebabkan oleh beberapa faktor lainnya. Contohnya adalah pola hidup tidak sehat. Pola hidup itulah yang bisa menyebabkan jerawat muncul dan kembali lagi. Jika Anda masih belum tahu apa saja penyebab dari jerawat, berikut beberapa penyebab yang harus Anda tahu.

  1. Siklus Hormonal

Salah satu penyebab atau pemicu munculnya jerawat adalah siklus hormonal. Siklus ini akan dilalui saat memasuki usia pubertas. Biasanya, wanita paling sering mengalami siklus hormonal yang terjadi melalui menstruasi. Pernahkah Anda memperhatikan timbulnya jerawat saat mendekati atau sedang menstruasi?

Hal tersebut menjadi sesuatu yang wajar. Karena produksi hormon dapat merangsang untuk memproduksi minyak secara berlebih. Minyak tersebut yang membuat jerawat timbul dan terasa sangat mengganggu.

  1. Faktor Genetik

Ternyata, faktor genetik termasuk ke dalam penyebab terjadinya jerawat pada area wajah. Faktor genetik atau faktor keturunan ini sering kali terjadi. Contohnya adalah jika salah satu di antara orang tua memiliki masalah jerawat, bisa saja anak akan mengalami hal yang sama. Jika penyebab jerawat Anda karena ini, maka chat dengan dokter menjadi solusi untuk mendapatkan penanganan secara pasti.

  1. Adanya Produksi Minyak Berlebih

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin nomor satu, produksi minyak berlebih bisa memicu untuk timbulnya jerawat. Faktor yang menjadi penyebabnya adalah meningkatnya produksi pada hormon testosteron. Hormon inilah yang akan merangsang kelenjar minyak untuk memproduksinya secara berlebihan.

  1. Bakteri

Penyebab timbulnya jerawat pada area wajah bisa disebabkan oleh bakteri. Apabila minyak yang diproduksi oleh kulit secara berlebih terinfeksi oleh bakteri, maka besar kemungkinan jerawat akan tumbuh dengan mudah. Biasanya, infeksi bakteri dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit.

Oleh karena itu, Anda bisa mengatasinya dengan mencuci wajah secara rutin menggunakan sabun wajah. Selain itu, usahakan untuk rajin membersihkan hal-hal yang sering disentuh. Hal ini dikarenakan saat tangan Anda menyentuh benda yang penuh bakteri, tangan Anda akan kotor. Lalu saat Anda menyentuh wajah, bakteri pun akan berpindah.

  1. Penggunaan Kosmetik

Penyebab jerawat juga bisa disebabkan oleh penggunaan kosmetik. Hal ini dikarenakan kosmetik mempunyai kandungan zat yang tidak semua jenis kulit cocok dengannya. Biasanya, kandungan dalam kosmetik mempunyai unsur minyak, zat pewarna, dan parfum. Ketiga bahan tersebut merupakan bahan yang dengan mudah memicu terjadinya jerawat.

Cara mengatasi hal tersebut adalah dengan membersihkan wajah secara menyeluruh. Jangan hanya membilasnya dengan air saja, tapi Anda harus menghapus riasan Anda. Gunakan cleansing oil yang ringan dan mampu menghapus semua riasan secara menyeluruh.

Itulah lima penyebab terjadinya jerawat di area kulit wajah. Jika Anda mengalami masalah jerawat yang parah, Anda bisa chat dengan dokter untuk mendapatkan solusi yang tepat. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga pola makan dan kebersihan yang ada di sekitar Anda.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>